Sejarah Sponge

Halaman ini dibagi menjadi dua bagian utama:
  • sejarah dari proyek itu sendiri
  • sejarah dari maskot tercinta kami Spongie

Sejarah dari Proyek ini

Sponge didirikan sebagai alternatif yang lebih baik untuk API yang tersedia pada September 2014. Sponge staf terdiri dari banyak orang dari berbagai Komunitas, misalnya. Spout/Spoutcraft, Forge, Cauldron dan beberapa yang lainnya.

Ketika perkembangan dari Bukkit dan Cauldron mencapai akhir yang buruk, komunitas Minecraft pun terkejut. Beberapa pengembang dari komunitas yang disebutkan di atas berkumpul di #nextstep di Esper.NET dan membahas masa depan Minecraft modding. Diputuskan bahwa pasti ada permintaan untuk API baru karena repositori CraftBukkit (Cauldron juga) ditutup.

Beberapa tujuan seharusnya dapat dicapai dengan API baru:
  • konsistensi
  • stabilitas pada pembaruan Minecraft
  • kemudahan dalam penggunaan
  • kepatuhan dengan Mojang EULA
  • perlindungan terhadap penutupan DMCA

Ketika tujuan hampir selesai, rute yang diambil malah tidak. Proyek soon-to-be juga masih tidak memiliki nama. Penyebutan pertama Sponge sebagai sebuah proyek terjadi tanggal 6 September oleh Firehead94. Jelas namanya terhalang.

Komitmen awal SpongeAPI dan SpongeForge dibuat pada tanggal 7 dan 8 September 2014, oleh salah satu pimpinan proyek Sponge yaitu, Zidane. Inilah awal pengembangan dari SpongeAPI dan SpongeForge (dinamakan Sponge saat itu).

Pada 7 September 2014, komitmen awal untuk Granite, sebuah API berdasarkan pada Minecraft Vanilla dibuat. Granite, semula dimulai sebagai proyek independen, sudah direncanakan untuk menjalankan API nya sendiri dan SpongeAPI. Granite dan SpongeForge berjalan berdampingan sampai 20 April 2015.

Pengembangan dari SpongeForge dan API nya mendapatkan momentum yang mengarah ke API pertama yang rilis pada 1 December 2014. Namun versi ini masih jauh dari fitur yang lengkap dan hanya API yang rilis, yang berarti bahwa tidak ada implementasi resmi yang tersedia pada waktu itu.

Pada tanggal 26 Desember 2014, Tim Granite memutuskan untuk membatasi Granite pada penggunaan SpongeAPI. Yang membuat Granite sebagai implementasi Sponge pertama yang tidak resmi untuk Minecraft Vanilla. Pada tanggal 26 Maret, Tim Granite akhirnya bergabung dengan Tim Sponge dan Granite berubah menjadi SpongeVanilla, implementasi SpongeAPI yang resmi untuk Minecraft Vanilla. Sekitar satu bulan kemudian penyatuan Granite dan basis kode SpongeForge dimulai di SpongeCommon. SpongeCommon diciptakan untuk menampung semua kode yang dibagikan antara dua implementasi sementara kode tertentu dari implementasi tetap tinggal di SpongeVanilla dan SpongeForge.

Pada tanggal 21 April 2015, SpongeAPI 2.0 akhirnya dirilis. Pada tanggal 25 April 2015, pengembangan pembangunan dari SpongeForge (#428, diinspirasi oleh Wallaroo) akhirnya bisa digunakan. pembangunan alpha pertama dari SpongeVanilla (DEV#17) dirilis pada tanggal 13 September 2015.

Pada tanggal 31 Desember 2015, SpongeAPI 3.0.0 dirilis, bersamaan dengan SpongeForge (#1000) dan SpongeVanilla (#129) yang memasuki versi betanya.

Spongie - Maskot kami

Spongie adalah Maskot kami yang ramah, suka membantu dan agak pemalu. Jangan buat dia menangis karena dia pribadi yang sangat sensitif.

Sejarah Sponge

Spongie pertama kali muncul di #Spon di Esper.NET sekitar bulan September 2014. Dia dibuat dan diposting oleh DragonsPainter. Strad, pengguna lain, merasa bahwa Spongie akan terlihat lebih baik dengan moogle-seperti antena, Menempa sebuah tungku bukan Kuali dan mengganti Keran dengan Cerat. Seorang pengguna anonim kemudian dihapus semua label dan memperkenalkan dirinya sebagai ikon dan latar belakang logo untuk Sponge reddit bagian.

Spongie versi lama ini sayangnya tidak memungkinkan sebagai vektor grafis. Jadi Staff Sponge memutuskan untuk membuat versi baru yang mendukung vektor. Dua konsep baru kemudian dimasukkan dalam State of Spongie. Aset yang digunakan saat ini terletak di here.