Pengantar

Peringatan

This documentation refers to an outdated SpongeAPI version and is no longer actively maintained. While the code examples still work for that API version, the policies, guidelines, and some links may have changed. Please refer to the latest version of the documentation for those.

Apa itu Sponge?

Tujuan proyek Sponge adalah membuat sebuah kerangka pengembangan plugin untuk Minecraft. Sponge diciptakan oleh komunitas global, dan sifat open-sourcenya berarti setiap orang dapat berpartisipasi.

Sponge diciptakan setelah melihat kegagalan proyek lain di komunitas pengembang plugin Minecraft. Kami mencoba untuk menghindari kesalahan yang sama seperti proyek lainnya; dengan demikian:

  • Sponge adalah sebuah proyek yang sangat terbuka.
  • Sponge berlisensi di bawah lisensi MIT - lisensi open source yang sangat permisif.
  • Kinerja adalah prioritas tinggi.

Kebanyakan plugin yang dikembangkan dengan Sponge API harus bekerja di beberapa versi Minecraft yang berbeda tanpa perlu diperbarui. Ini berarti, untuk sebagian besar, pemilik server tidak perlu khawatir tentang inkompatibilitas plugin.

Kami memiliki dua proyek tambahan lain ke Sponge API:

  1. SpongeForge, merupakan sebuah coremod untuk Minecraft Forge, yang merupakan kerangka modding Minecraft yang terkenal untuk memacu adegan modding Minecraft. Forge tidak memiliki API versi silang, dan ini adalah tempat Sponge masuk. Sponge memungkinkan pemilik server memasang plugin Sponge dengan mudah, mempermudah pengelolaan server.
  2. SpongeVanilla, stand alone pelaksanaan Sponge API, berjalan di atas vanili Minecraft server. (SpongeVanilla sebelumnya dikenal sebagai Granit, sampai pengembangan tim digabung).

Pemain di server yang menjalankan SpongeForge atau SpongeVanilla tidak perlu mememasang mods sisi klien. Mereka bisa bergabung dengan server yang menjalankan Sponge menggunakan klien Minecraft Vanilla yang disediakan oleh Mojang.

Sponge API tidak terikat pada platform apa pun. Ini berarti bahwa pemilik server dapat menjalankan plugin Sponge pada penerapan Sponge API secara resmi. Plugin Sponge harus berfungsi secara identik pada kedua implementasi, karena fungsi umum mixins.

Dimana Saya Dapat Mengunduh Sponge?

Pengembangan Beta membangun dari SpongeForge dan SpongeVanilla dapat ditemukan di sini: `Sponge Downloads <https://spongepowered.org/downloads>

Siapa yang ada di belakang Sponge?

Pemimpin proyek adalah Blood, Gabizou dan Zidane. Kami berusaha untuk menjadi sangat terbuka dengan tim untuk memastikan para pemimpin proyek tidak berakhir "memegang semua kunci." Meskipun demikian, Ketiga orang ini membuat keputusan akhir untuk memastikan operasi yang efisien dari proyek.

Daftar lengkap dari anggota staf terletak di :doc: 'staf'.

Pengembang kami sangat berpengalaman dengan Java, dan banyak dari mereka telah bekerja dengan Minecraft selama bertahun-tahun dan mengetahui seluk beluk mekanik nya. Ada banyak pengembang yang sangat bagus yang mengerjakan proyek Sponge, dan hampir tidak mungkin untuk mencantumkan mereka semuanya!